Jasa Konsultan Sertifikasi SMK3 terbaik di Kawasan Industri Sentul | Konsultan Safety 0811 134 6468

Analisa Dan Tahap Penerapan SMK3

Jika perusahaan Anda bermaksud menerapkan SMK3 yang disertifikasi oleh perusahaan yang ditunjuk oleh pemerintah, maka hal-hal yang perlu di persipakan adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan ada komitmen ‘manajemen puncak’ untuk SMK3 dan kemauan untuk terlibat aktif dalam mendukung K3. Tekankan peran penting semua manajer perusahaan dalam keberhasilan SMK3. Pahami persyaratan SMK3 dengan cermat dan persiapkan apa yang perlu sehingga organisasi Anda mendapat banyak manfaat dari SMK3 yang akan diimplementasikan.
  2. Pelajari juga organisasi lain yang sudah menerapkan SMK3 untuk mempelajari apa yang baik dari mereka. Beberapa hal yang perlu menjadi dipahami oleh manajemen perusahaan sehingga mereka sungguh-sungguh berkomitmen untuk penerapan SMK3:
    • Jelaskan bagaimana SMK3 dapat membantu mengelola risiko K3 yang ada di organisasi secara keseluruhan dan meningkatkan moral, produktivitas, keandalan, dan reputasi; mengamankan bisnis dan bakat; dan mencegah terjadinya gangguan rantai pasokan.
    • Buat outline proses yang relevan yang miliki organisasi, seperti produksi, operation, kualitas dan lingkungan, dan kemungkinan efisiensi dari pengintegrasian sistemnya.
    • Memastikan pimpinan sepenuhnya mengerti SMK3 dan dapat menunjukkan kepemimpinannya dalam menggabungkan SMK3 ke dalam sistem dan proses dalam organisasi.
  1. Mengidentifikasi kekurangan apapun terhadap persyaratan yang ditentukan oleh SMK3. Jika perusahaan Anda telah memutuskan untuk mencari sertifikasi SMK3, maka Anda harus mengikutsertakan konsultan dan Badan Sertifikasi SMK3, yang akan mempelajari kebijakan K3 dan persyaratan lainnya untuk kemudian memberi saran kekurangan yang harus dipersiapkan. Jika organisasi Anda sudah bersertifikat OHSAS 18001, IMS atau standar lainnya, maka indentifikasinya akan lebih cepat, dengan dibuatkan matrik korelasi antara standard manajemen sistem K3 yang sudah ada dengan pasal-pasal SMK3.

Jika perusahaan Anda baru akan mulai menata sistem manajemen K3, maka diperlukan (indentifikasi|tinjauan} dokumen dan tatatanan untuk menentukan status awal yang sering disebut sebagai analisis kesenjangan atau untuk menilai seberapa cukup perusahaan Anda dapat memenuhi peryaratan SMK3 dan indentifikasi tindakan apa saja yang perlu dilakukan. ‘Kesenjangan’ yang teridentifikasi dari tinjauan awal akan menekankan bagian yang perlu diadakan perbaikan. Tidakan perbaikan ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya dari dalam yaitu tim gabungan dari manajer, pekerja dan semua departemen yang relevan, dipandu oleh profesional K3 yang kompeten. Disini peran Konsultan Safety akan memandu Anda untuk dapat memenuhi persyaratan yang di diminta oleh Badan Sertifikasi melalui internal audit, audit awal and external audit.

  1. Menyiapkan rencana penerapan dan menyediakan sumber daya untuk menutup kesenjangan yang sudah diketahui

Isi dari rencana tindakan meliputi siapa, apa, bagaimana, dan kapan, untuk menyelsaikannya. Ini membutuhkan masukan dari tim gabungan dan P2K3 untuk menentukan prioritas tindakan yang paling efektif untuk tiap area yang beresiko tinggi dengan kerangka waktu yang tepat.

Tindakan yang diambil berbasis tingkat risiko dan perlu proporsional dengan perhitungan biayanya untuk pengendalian yang diperlukan termasuk sumber daya yang diperlukan, effeknya ke operasi yang sedang berjalan; proses, peralatan, pelatihan, pemantauan, dan mekanisme komunikasi yang diperlukan.

  1. Pastikan mekanisme perubahan tertuang secara efektif dalam manajemen perubahan (Management of Change). Pertimbangkan besarnya perubahan yang dilakukan perusahaan Anda dan apakah organisasi Anda memiliki pengalaman internal yang memadai atau memerlukan dukungan eksternal seperti Konsultan Safety

Dalam membuat manajemen perubahan, penting bagi manajemen perusahaan terlibat sepenuhnya dan lakukan konsultasi dengan tenaga kerja terhadap semua aspek proses dan memastikan keterlibatan dan komitmen fungsi-fungsi terkait. Kemampuan komunikasi dan interpersonal dua arah yang baik untuk memastikan bahwa semua orang yang terlibat dalam proses ini dengan senang hati mau mengelola risiko terkait.

  1. Tingkatkan kompetensi dan sumber daya berhubungan dengan K3 di seluruh organisasi.
    SMK3 meminta bagi setiap orang di dalam perusahaan memiliki kompetensi K3 yang memadai agar dapat melaksanakan perannya dengan aman dan sehat. Hal ini membutuhkan setiap pimpinan departemen di perusahaan untuk menilai dan merencanakan pelatihan K3 yaitu kebutuhan kompetensi tim dan pelatihan tambahan yang diperlukan untuk membantu menanamkan SMK3 yang baru di semua tingkatan dalam perusahaan.Perusahaan Anda juga perlu meninjau pengaturan pengadaan, kontraktor dan outsourcing yang terkait dengan kriteria kompetensi K3. Organisasi Anda perlu mengidentifikasi biaya mencari sumber daya lain jika dibutuhkan.

Jasa Konsultan Sertifikasi SMK3 terbaik di Kawasan Industri Sentul | Konsultan Safety 08111246468

Jasa Konsultan SMK3


Konsultan Safety memberikan jasa konsultansi di Kawasan Industri Sentul untuk memastikan persyaratan sertifikasi SMK3 dipenuhi termasuk membantu proses pembuatan prosedur yang sesuai dengan bisnis organisasi Anda. Hubungi Ph.: 081219844844, WA.: 08111346468