Kebijakan K3 dalam SMK3 | Konsultan SMK3 di Pabrik Kayu Lapis Ph. 08111346468

Jasa Konsultan SMK3 di Pabrik Kayu Lapis

Posisi Kebijakan K3 dalam sistem Perusahaan

Ketika saya mengunjungi beberapa perusahaan, sering kali saya bertanya “apa sih kebijakan K3 Perusahaan terhadap Safety baik untuk para leader dan para pekerja? Beberapa leader kesulitan untuk menerangkan apa sih kebijakan K3 perusahaan terhadap dirinya sebagai leader yang harus memimpin dalam hal K3. Mereka menjawa kadang secara umum saja seperti “ya harus mengingatkan para pekerja untuk menjaga keselamatannya dengan menggunakan APD dengan benar”.

Kita tahu bahwa Kebijakan K3 merupakan yang utama dalam sistem manajemen K3 dalam perusahaan. Kebijakan K3 juga merupakan turunan dari nilai-nilai K3 yang ada dalam perusahaan dan dari hasil diskusi dengan pekerja. Namun sering kali banyak perusahaan menuliskan Kebijakan K3 bukan berdasarkan budaya dan nilai-nilai K3 perusahaan dan kondisi tempat kerja dalam perusahaan maupun aspirasi dari para pekerja yang akan melaksanakan Kebijakan K3 tersebut. Ada juga Kebijakan K3 perusahaan yang ditulis oleh konsultan sehingga tidak menggambarkan keberadaan atau kebutuhan dari perusahaan tersebut dikarenakan pembuatannya didasarkan Kebijakan K3 perusahan lain yang hampir sama bidangnya.

Jasa Konsultan SMK3 di Pabrik Kayu Lapis

Ada juga perusahaan harus [menjalankan|memberlakukan} Kebijakan K3 dari Group Perusahaan yang kadang tidak sesuai juga dengan kondisi kenyataan perusahaan lokal. Kebijakan K3 juga kadang ditulis hanya sekedar untuk pemenuhan persyaratan sertifikasi perusahaan atau karena diperlukan untuk persyaratan tender misalnya. Gambaran diatas berakibat Kebijakan K3 yang ditulis tidak merefleksi aspirasi dari para perkerja bahkan bukan kebutuhan kebijakan K3 dari perusahan itu sendiri sehingga dalam penerapannya baik P2K3 dan SHE Manager harus bekerja keras untuk menyakinkan para pekerja untuk melaksakan kebijakan K3 yang ada.

Konsultan SMK3 di Pabrik Kayu Lapis

Anda butuh bantuan untuk menyusun SMK3 perusahaan? Konsultan SMK3 di Pabrik Kayu Lapis Hubungi: 08111346468

Kepatuhan Kebijakan K3 terhadap Peraturan

Perusahaan yang tidak memahami kontek Kebijakan K3 dalam sistem manajemen K3 perusahaan kadang mencampur baurkan Kebijakan K3 dengan prosedure sehingga Kebijakan K3 menjadi panjang yang sulit di ingat dan diterapkan disaat bekerja. Prinsip KISS yang digunakan di Angkatan Laut Amerika ternyata sangat tepat, “Keep it short and simple”, “Keep it small and simple”, “Keep it simple and straightfoward”. Buat Kebijakan K3 yang lebih sederhana dan mudah dimengerti sehingga akan mudah pula dalam penerapannya.

Kepatuhan perusahaan terhadap persyaratan peraturan Kebijakan K3 ditujukkanyang harus dipenuhi dalam pembuatan Kebijakan K3:

  1. Penyusunan kebijakan K3 dilakukan melalui:
    1. tinjauan awal kondisi K3;
    2. memperhatikan peningkatan kinerja manajemen K3 secara terus-menerus; dan
    3. proses konsultasi antara pengurus dan pekerja/buruh
  1. Penetapan kebijakan K3 harus:
    1. disahkan oleh pucuk pimpinan perusahaan;
    2. tertulis, tertanggal dan ditanda tangani;
    3. secara jelas menyatakan tujuan dan sasaran K3;
    4. dijelaskan dan disebarluaskan kepada seluruh pekerja/buruh, tamu, kontraktor, pemasok, dan pelanggan;
    5. terdokumentasi dan terpelihara dengan baik;
    6. bersifat dinamik; dan
    7. ditinjau ulang secara berkala untuk menjamin bahwa kebijakan tersebut masih sesuai dengan perubahan yang terjadi dalam perusahaan dan peraturan perundang- undangan.

Jasa Konsultan SMK3 di Pabrik Kayu Lapis

Kebijakan K3 kepada karyawan dilakukan melalui materi pengenalan K3 perusahaan (Safety Induction). Ini adalah langkah yang bagus untuk menjelaskan Kebijakan K3 perusahaan yang berhubungan dengan Keselamatan Kerja. Penjelasan Kebijakan perusahaan hanya waktu di Safety induction merupakan langkah awal. Kebijakan K3 perusahan harus menjadi cara hidup pekerja waktu berada di tempat kerja dan perilaku manajemen dalam menganggapi permasalahan K3. Saat Kebijakan K3 menjadi nilai-nilai kehidupan pekerja maka (implementasinya|penerapannya} tidak hanya saat bekerja di perusahaan saja mealinkan nilai-nilai Kebijakan K3 akan di bawa saat mengerjakan apapun juga, (kapanpun dan dimanapun juga||dimanapun juga dan kapanpun juga}. Contohnya, jika pekerja mengabaikan keselamatan saat melakukan kegiatan dirumah dan mengalamisuatu kecelakan maka perusahaan mengalami kerugian karena pekerja tidak tidak bisa bekerja walaupun tidak masuk dalam catatan kecelakaan dalam perusahaan. Oleh karena itu Kebijakan K3 harus mudah dimengerti dan perlu diulang-ulang pemahamannya oleh pekerja dan manajemen.

Jasa Konsultan SMK3 di Pabrik Kayu Lapis

Anda butuh konsultan untuk menyusun SMK3 perusahaan? Konsultan SMK3 di Pabrik Kayu Lapis Hubungi: 08111346468