Bagaimana Melakukan Kunjungan Kerja K3 oleh Pimpinan | Konsultan Safety di Jakarta


Sebagai seorang Leader atau Pimpinan harus menujukkan komitment yang tinggi terhadap Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Komitment itu hahus terlihat dan di rasakan oleh para pekerja yang biasanya disebut dengan istilah Felt Visible Leadership. Oleh karena itu para pemimpin peruhaan harus sering mengunjungi temat kerja atau site untuk menunjukkan komitmennya terhadap K3. Waktu melakukan kunjuangan pimpinan bisa melakukan safety engagement yang lebih fokus pada pekerjanya, namun bisa juga melakukan filed assessment yang lebih detail terhadap operasi dan prosedure pekerjaan secara detail dan rinci.

Para pemimpinlah yang lebih bertanggung jawab untuk menciptakan dan mengubah budaya kerja yang aman sehingga para pekerja akan lebih mendisiplin diri dan konsiten dengan prosedur, instruksi kerja dna form-form yang dipakai. Dalam pelaksanaan filed assessment ini harus mengikut sertakan pimpinan setempat dan pekerjanya yang tempat melakukan kajian. Dengan terlibatnya pekerja ini maka pekerjanyapun akan lebih berpikiran positif terhadap K3, akan dengan sukarela menyampaikan kondisi-konsi substandard dari peralatan kerja.

Teknis pelaksanaan untuk filed assessment ini adalah menilai konsistensi operasional lapangan dengan:

  • Memverifikasi secara sistematis dan memastikan bahwa standar operasional kami masih bisa di sesuai dengan kondisi operasi.
  • Memastikan bahwa pekerja mengerti kwalitas yang harus dicapai pekerjaan sesuai prosedur yang ada dan melakukan pekerjaan secara konsisten sesuai prodesur. Jika ada ketidaksesuaian maka pekerja bisa stop pekerjaan dan laporakan untuk evaluasi sebelum melanjutkan pekerjaan.
  • Berkomitmen untuk secara pribadi mengambil tindakan untuk mendorong peningkatan kepatuhan operasional prosedure dan menindak lanjuti jika ada temuan untuk perbaikan.
  • Mencatat secara sistematis temuan-temuan yang ada dan membuat kesepakatan terhadap pimpinan lokasi setempat jika ada hal-hal yang harus segera di ditindaklanjuti.
  • Persiapan sebelum melakukan kunjungan sangat penting sebab itu perlu membuat check list pertanyaan terhadap area yanga kan di kunjungi, cari data tingkat bahaya yang terbesar, cara kerja alat, prosedure kerja, intruksi kerja, dan form yang dipakai dan dokumen pendukung lainnya dan siapkan checklist pertanyaan. Jika Anda perlu bantuan untuk mempersiapkan kajian lapangan silakan hubungi konsultan safety Ph.:081219844844 atau WA: 08111346468.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.