Melakukan Inspeksi yang effective di pabrik | Konsultan Safety di Jakarta Ph. 08111346468

Suatu hari Team SHEQ diberi kesempatan meninjau ROC ( Remote Operation Control) Linde di Jurong Island Singapore. Linde Singapore memproduksi Hydrogen/syngas dan Air separation Unit. Kami diijinkan melihat ke plant dan di minta melakukan inspeksi barangkali ada kondisi tidak aman. Pabrik itu begitu bersih dan tidak ada orang yang berada dalam plant sehingga kami tidak menemukan hazard yang patut dilaporkan.

Skalipun plant dalam keadaaan bersih dan rapi namun schedule inspeksi tetap harus di jalankan karena Inspeksi di tempat kerja membantu mencegah insiden, cedera, dan penyakit. Inspeksi membantu mengidentifikasi dan mencatat bahaya untuk dilakukan tindakan korektif. Komite K3 dapat membantu merencanakan, melakukan, melaporkan dan memantau inspeksi. Inspeksi tempat kerja secara teratur adalah bagian penting dari keseluruhan program kesehatan dan keselamatan kerja dan sistem manajemen.
Pada waktu pimpinan perusahaan melakukan kunjungan pabrik dapat juga sekalian melakukan inspeksi untuk memberikan masukan-masukan kepada tim K3 dan sebagai sarana juga untuk melakukan pendekatan terhadap pekerja misalnya:

  • dengarkan keluhan pekerja dan pengawasnya
  • mendapatkan pemahaman lebih pekerjaandan kesulitan-kesulitan yang dihadapi
  • mengidentifikasi potensi bahaya yang ada baik dari lingkungan kerja, peralatan, amterial dan cara kerja.
  • Mengidentifikan sumber- sumber bahaya dan melakukan tindakan pencegahan dan koreksinya.
  • Memantau penerapan sistem-sistem K3 yang tidak effective untuk dilakukan perbaikan.

Kita harus memahami semua peralatan akan mengalami penurunan performance karena berjalannya waktu. Misalnya mesin menjadi aus, besi berkarat dll. Penurunan performance sering diikuti oleh meningkatnya probability dari resiko kondisi tidk aman. Oleh karena itu inspeksi perlu memperhatikan pada peralatan-peralatan atau kondisi-kondisi yang berpotensi berkembang menjadi kondisi yang tidak aman atau tidak sehat karena tekanan mekanis, keausan, getaran, panas, korosi, reaksi kimia atau penyalahgunaan.

Contoh checklist Inspeksi di pabrik:

Jika Anda memerlukan bantuan untuk meningkatkan teknik Inspeksi di perusahaan Anda hubungi Konsultan Safety di 081219844844 atau WA: 08111346468

Leave a Reply

Your email address will not be published.